Tips Sedehana Mengelola Keuangan Sesuai Dengan 4 Tipe Kepribadian

Diterbitkan 1 Tahun lalu di Kategori Keuangan. 2148 Melihat

Semoga bermanfaat, untuk membantu anda mengambil langkah tepat dalam mengelola keuangan

Tips Sedehana Mengelola Keuangan Sesuai Dengan 4 Tipe Kepribadian

Setiap orang mempunyai caranya sendiri-sendiri untuk mengelola keuangan, sebelumnya udah dibahas. untuk tetap terbebas dari masalah keuangan sebaiknya melakukan hal-hal yang penting saja untu membelanjakan keuangan. seperti mulailah membatasi pengeluaran.

 

Baca juga : 4 ciri-ciri Kepribadian Dapat Dilahat Dari Cara Mengelola Keuangan

 

Tips yang pertama ini sangat pas bagi mereka yang merasa punya karakter finansial dengan tipe pleaser atau player. Dengan berlatih membatasi pengeluaran maka diharapkan resiko membelanjakan uang untuk hal yang tidak terlalu penting dapat terbatasi dengan sendirinya. Dengan demikian uang bisa disimpan atau dibelanjakan untuk keperluan yang lebih mendesak.

 

Mencoba untuk Berinvestasi. Berkebalikan dengan tipe player atau pleaser, tipe protektif cenderung melakukan cara lain untuk mengelola keuangannya seperti mengamankan uang yang dimilikinya. Meski sudah terlihat ideal, tetapi sedikit ada sisi negatifnya juga, yaitu ada kemungkinan penambahan jumlah uang yang dimiliki atau biasa disebut pertumbuhan finansil yang sangat kecil, wajar saja, ini karena karena tidak mau atau terlalu takut melakukan investasi. Karenanya tidak ada salahnya untuk mencoba satu investasi dengan resiko minimal, dengan harapan akan tercipta lebih banyak sumber pemasukan.

 

Perilaku konsumtif masyarakat indonesia membuat pabrikan an produk membanjiri tanah air. Menekan Kebutuhan untuk Belanja Gaya Hidup Mengikuti dorongan untuk membelanjakan uang sebagai bagian dari menonjolkan identitas diri adalah ciri yang dimiliki Tipe Pleaser. Kecenderungan semacam ini bisa membahayakan finansial pribadi. Ada baiknya agar pemilik kepribadian ini belajar menekan belanja demi gaya hidup dibawah kebutuhan pokok saja. Meski demikian bukan berarti lalu Anda bersikap cenderung pelit atau over protective terhadap uang yang dipunyai.

 

Membuat Perencanaan dengan Mencatat Pengeluaran Membuat perencanaan merupakan kelebihan dari pemilik karakter tipe planner yang dia miliki secara alamiah. Salah satu caranya adalah dengan rutin membuat rencana belanja sebulan. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi pemborosan yang berlebihan meski dari pendapatan masih mencukupi. Bagi pemilik kepribadian lain, bisa mencontoh kelebihan tipe planner ini dengan rajin belajar dan praktik membuat perencanaan keuangan yang baik.

 

Sesuaikan Pengelolaan Keuangan dengan Kebutuhan. Segala tipe kepribadian punya kelebihan serta kekurangan yang harus disyukuri dan dipahami dengan baik. Namun apapun tipenya, yang terpenting dalam pengelolaan keuangan adalah mendahulukan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Prioritaskan kebutuhan yang bersifat penting dan darurat sebelum memenuhi kebutuhan lainnya.