Mengelola Keuangan Berdasarkan 4 Tipe Kepribadian

Diterbitkan 1 Tahun lalu di Kategori Keuangan. 2014 Melihat

Semoga bermanfaat, untuk membantu anda mengambil langkah tepat dalam mengelola keuangan

Mengelola Keuangan Berdasarkan 4 Tipe Kepribadian

Tatakelola uang yang baik membuat arus keuangan akan semakin baik, lebih bermanfaat dan tentu tidak membuat kita tidak tersangkut masalah keuangan. Mengelola keuanga ternyata dipengerahi oleh keperibadian seseorang lo. Tulisan ini dibuat untuk mengulas seperti apasih cara anda mengelola keuangan, ini berdasarkan pertimbangan kebiasaan, yang pastinya berdasarkan kepribadian yang akan dibahas dibawah ini.

 

Tipe Pleaser (Penggembira)

 

Tipe pribadi ini seneng memblanjakan uangnya lebih untk bersenang-senang atau kepuasan pribadi. pemilik kepribadian ini tentu menyadari tentang bagaimana mereka merasakan hal itu. Pakar keuangan menggolongkan tipe kepribadian ini menjadi dua tipe lagi. Pertama adalah mereka yang hobi membelanjakan uangnya sebagai bagian dari status sosial untuk orang lain. Kedua adalah mereka yang cenderung membelanjakan uangnya untuk diri sendiri. Masing masing kepribadian memiliki dan merasakan punya nilai positif dan negatif tentunya. Bagaimana dengan anda?

 

Tipe Protector (Pelindung)

 

Apkah anda termasuk jenis pribadi ini, jika iya selamat, karena tipe ini kepribadian ini sangat berhati hati dalam membelanjakan keuagannya. Pribadi jenis ini lebih cenderung untuk berfikir dua kali bahkan berkali kali untuk membelanjakan uangnya, sehingga uang yang mereka kelola akan sangat baik.

 

Sekilas kepribadian ini kelihatan sangat sempurna, bahkan dari segi kebiasaan berbelanja sekalipun, tipe kepribadian ini cenderung pasif walaupun dalam satu waktu muncul merek baru yang booming. Orang dengan karakteristik kepribadian protector tidak akan mau mencoba untuk membelanjakan uangnya untuk hal semacam itu. tapi, bagaimanapun semua kepribadian punya kekurangan dan kelebihan masing masing, toh manusia gada yang sempurna, seperti ini contohnya, Sisi negatif dari karakter semacam ini adalah karena sangat “lurus” dalam menjalani hidup, ada kalanya sisi investasi tidak tersentuh, padahal bisa jadi menguntungkan secara finansial.

 

Tipe Planner (Perencana)

 

sorang dengan tipe ini sangat mahir dalam perencanaan keuang mereka di jangka panjanya, sementara untuk perancanaan keuangan jangka pendek sering terabaikan, karena mengelola keuangan jangka panjang menjadi prioritas mereka. Seseorang yang bertipe ini sangat cermat dalam merancanakan keuangan, karena pada dasarnya merekaseorang planer dengan banyak pertimbangan yang matang, sehingga sangat jarang seseorang pengelola keuangan bertipe ini akan memiliki masalah keuangan dimasa depan. Di sisi investasi, mereka juga sangat jeli dan disiplin dalam memantau perkembangan berkaitan dengan investasi jangka panjang yang sudah dijalankan.

 

Tipe Players (Pemain)

 

Apakah anda seseorang yang berkpribadian dengan jenis ini? karena cara mengelola keuangan dengan kepribadian seperti ini, mereka cenderung untuk hura-hura atau bersenang senang. Perilaku hidub boros dan konsumtif adalah bagian dari diri dan pribadi mereka, bahkan Ray Linder, sebagai pakar menggunakan istilah kompulsif untuk menerjemahkan jenis pribadi ini, karena pada dasarnya hidup dan mengelola keuangan dengan jenis pribadi ini sangatlah tidak cocok untuk anda. Mereka selalu ingin membalanjakan uangnya, ada kecenderungan untuk terus menghabiskan uang, konsumtif dengan rasa tidak peduli apakah keputusan finansialnya tersebut masuk pada kategori tindakan berisiko keuangan tinggi atau tidak.