Explore the latest articles on Cobyline Online Business

Mengenal Lebih Detil Perhitungan Berbagai Suku Bunga KPR

Sebaiknya Cermati Kredit Pemilikan Rumah Bila Anda ingin punya rumah, bagaimanapun, kita harus memahami prosedur cara menghitung biaya KPR dan menentukan Waktu yang Tepat kapan saat Bunga Cicilan Turun.

Mengajukan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) memang harus memperhatikan besaran bunga yang harus ditanggung debitur agar tidak mempengaruhi besaran cicilan saat pembayaran KPR.

Bunga KPR menjadi salah satu aspek wajib diperhatikan ketika akan membeli rumah. Dengan Kalkulator Simulasi (KPR) tentu sangat membantu dalam pengambilan keputusan dan mempertimbangkan aspek finance.

Jika sedang mencari solusi mencari cara untuk menemukan kpr dengan bunga terendah, adalah pilihan tepat sebelum mengajukannya pada puluhan bank terkemuka di Indonesia.

Perhitungan Simpel Berdasar Harga simulasi kredit rumah akan membantu anda mencoba simulasi perhitungan sederhana disini.

Dengan tool KPR anda dapat secara mudah menetukan berapa angsuran per bulannya. setelah dirasa perhitungan sudah matang dan tidak membebani, Cukup Ajukan kpr Hitung langsung kepada pihak perbankan untuk cicilan setiap bulannya menggunakan suku bunga terbaru yang ada di bank tersebut.

Properti bukan hanya sekedar kebutuhan primer, melainkan juga termasuk kedalam bentuk konsep investasi yang paling diminati saat ini.

Ada baiknya Sebelum memilih KPR, Kenali Dulu system suku bunga KPR Bank seperti FLAT, bunga FIX, Bunga Efektif, bunga Floating, Bunga Anuitas dan bunga Capped.

sadari Apakah anda tahu apa yang dimaksud floating KPR? Bagaimana perhitungan sistem KPR tersebut? Apa itu Bunga FIX Bunga Capped? gunanya, Biar nanti dimasa depan keuangan sudah dalam kondisi siap.

Banyak perbankan saat ini menerapkan skema flat dan floating seperti Bank Mandiri, BNI Syariah, KPR BCA, KPR Bank BRI dan lainnya.

Bunga Floating, Apa Pengertian, Kelebihan Kekurangannya.

Bunga Floating atau suku bunga mengambang adalah yang paling umum dipakai bank sebagai sistem perhitungan dalam memberikan pinjaman.

ini akan berfluktuasi berubah-ubah untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan pasar dan kebijakan bank. Biasanya mengikuti BI rate. Bila rate naik maka ikut naik.

Misal KPR bulan kemarin 10%, 3 tahun kemudian bisa berubah menjadi 9%, tergantung situasi ekonomi saat itu. Suku bunga seharusnya dilihat di website pada setiap Bank Karena memang Perbankan diwajibkan untuk menampilkan dasar kredit.

Bunga Fixed, Apa Pengertian, Kelebihan Kekurangannya.

Suku bunga Fixed atau kadang disebut Fix, adalah suku yang dipatok pada nilai tertentu, tidak berubah (sama) dalam jangka waktu tertentu.

Misal KPR dengan fixed 7% selama 3 tahun pertama; maka pertama 7%, akan berubah naik turun Setelah masa selesai, dan dilanjutkan dengan sistem suku bunga floating. Perhatikan bahwa (dipatok tertentu), berbeda suku bunga flat (bunga tetap).

Bunga Cap, Apa Pengertian, Kelebihan Kekurangannya.

Suku bunga Cap atau disebut Capped, sebenarnya merupakan suku bunga floating, yang dibatasi maksimumnya pada besaran nilai pada suku bunga tertentu dalam jangka waktu yang ditentukan.

Misalkan begini, KPR dengan bunga cap adalah sebesar 8%, selama 2 tahun, maka dalam kurun waktu 2 tahun tersebut, suku bunga bisa naik turun, tetapi tidak melebihi ambang batas dari 8% tersebut.

Bunga Fix Cap, Apa Pengertian, Kelebihan Kekurangannya.

Suku bunga ini sejatinya penggabungan antara suku bunga Fixed dan suku bunga Capped.

Misal KPR dengan bunga Fix 7% selama 2 tahun pertama, dan Cap 10% selama 1 tahun selanjutnya. Maka dalam waktu 2 tahun pertama bunga KPR dipatok 7%, tidak naik, tidak turun.

Kemudian 1 tahun selanjutnya bunga KPR dibatasi 10%, bisa turun, bisa naik; tetapi naiknya tidak melebihi ambang batas 10%.

Kemudian setelah masa fix cap selesai, di sisa masa KPR, maka suku bunga yang berlaku adalah bunga floating sebagai acuan yaitu tergantung inflasi dan kebijakan Bank Indonesia sebagai acuan utama.