Explore the latest Instant articles on Cobyline

Melejitkan Omset Penjualan Dengan Ekosistem Bisnis Online Tanpa Modal

Cara melejitkan bisnis dan membangun branding sudah menjadi bahan utama bagi dunia bisnis online, Disini Saya anggap anda sudah menjalani bisnis secara online namun masih stagnan atau produk masih sedikit sekali yang laku terjual.

Faktanya hampir 90% pebisnis online gagal diawal memulai bisnisnya. saya punya solusi bagaimana meningkatkan penjualan secara online, salah satu cara terbaik menggunakan metode ekosystem bisnis online.

Banyak usaha dijalankan dengan system online namu tidak memperhatikan aspek krusial yang tentu berdampak pada target dan omset. Sejatinya bisnis online dibangun melalui pendekatan emosional dan pendekatan komunikasi visual kepada calon customer.

Untuk itu apakah anda sudah berfikir untuk membuat system bisnis yang systematis, Jika belum, maka disini kita akan mempelajari bagaimana mengembangkan bisnis melalui ekosytem bisnis berbasis komunikasi 2 arah yaitu Ekosistem Bisnis Online.

Pertanyaannya akan timbul, sejauh mana keefektifan komunikasi 2 arah dalam ekosystem bisnis online, sejauh mana manfaat dari ekosystem bisnis online model seperti ini.

Sekarang akan saya beri perumpamaan :

  1. pernahkah berfikir bahwa calon customer bisa saja tidak memiliki whatsapp, instagram, facebook, telegram dan sebagainya atau memiliki hanya satu dari diantaranya.
  2. pernahkah berfikir bahwa calon customer hanya memiliki satu aplikasi pesan misal whatsapp saja tanpa telegram, atau telegram saja tanpa whatsapp.
  3. pernahkah berfikir bahwa calon customer ingin melihat dan ingin tau lebih banyak tentang produk .
  4. pernahkah berfikir bahwa calon customer ingin lebih detil tau spesifikasi produk yang tawarkan.
  5. pernahkah berfikir bahwa calon customer ingin mendapatkan kontak anda dengan mudah.

Permasalahan terjadi dalam bisnis online yang harus dihindari adalah :

  1. tidak menyediakan akses komunikasi intens
  2. tidak memberikan spesifikasi detil penjualan
  3. tidak memberikan rincian detil produk secara baik
  4. tidak menyediakan jalur closing secara maksimal
  5. tidak menyidiakan landing page dengan baik
  6. tidak memilik funnelist calon customer
  7. tidak memiliki website list untuk memampang semua produk yang dijual

Apakah dengan begitu akan terjadi penjualan yang bagus, saya rasa tidak, bagaimanapun, kita telah kehilangan banyak peluang untuk terhubung dan berkomunikasi dengan calon customer.

Anda telah kehilangan peluang untuk produk yang ingin dikenal banyak orang, telah kehilangan peluang agar produk bisa menjangkau lebih banyak calon customer.

Lalu Bagaimana jika saya menerapkan prinsip kerja dengan ekosystem bisnis online. Apa yang bisa saya dapatkan.

  1. Kemudahan calon customer untuk terhubung dengan anda.
  2. memaksimalkan silent customer untuk mengerti brand dan produk anda. sehingga yang tadinya berada di kategori customer cold trafick dapat berubah menjadi warm trafick atau hot trafick
  3. membuat bisnis yang slalu bersinergi dan tersingkronisasi
  4. memperbesar peluang mendapatkan lead
  5. memperbesar peluang closing.
  6. meningkatkan rasa percaya terhadap calon customer
  7. membangun brand secara otomatis
  8. menciptakan rasa ingin tahu kepada customer tentang apa dan bagaimana model bisnis yang anda jalankan atau tawarkan.

Lalu apa dan bagaiman cara memulainya. Untuk kali ini saya anggap anda sudah memiliki medsos sebagai lahan bisnis seperti instagram bisnis dan fanspage untuk bisnis dan aplikasi perpesanan whatsapp bisnis dan telegram untuk jalur closing.

Selanjutnya adalah tahapan teknik pembuatan ekosystem bisnis agar dapat berjalan dengan baik.

Baiklah langkah awal membangun bisnis tanpa modal, kenapa tanpa modal, karena teknik ini terbilang gratis.

Jadi dari sini kita bisa menerapkan system bisnis. Peralatan yang harus dimiliki untuk mulai membangun bisnis adalah :

  • Produk

Tentu anda harus memiliki produk dan mengetahui seluk beluk produk. Baik produk ready atau product pre order (PO) dengan system dropship dan suplayer. bukan sekedar upload dan selesai, harus benar-benar menguasai spesifikasi, bahan, atau apapun terkait identitas produk.

  • Fans Page Untuk Bisnis

Kenapa Facebook? Sampai sejauh ini menurut data di Alexa (kasarnya Alexa itu semacam website yang salah satu kerjaannya suka nilai ketenaran sebuah website) Facebook menjadi peringkat ketiga situs website yang paling sering dikunjungi.

Nah, dengan data seperti itu maka cocok banget kalau Facebook memang layak dijadikan sarang semut kita. Ini sebenarnya sudah nggak perlu saya katakan. Karena tanpa saya bilang, bisa jadi yang baca sudah paham.

Data ini sering di update oleh para pebisnis online. Tapi yah, semoga bagi yang belum tahu ini menjadi info yang menarik ya. Sekarang sudah tahu bahwa Facebook, bisa kita manfaatkan untuk jualan dengan cara membuat toko di facebook

Oh iya, mungkin ada yang nanya kenapa harus buat Fanpage terlebih dahulu? Nggak lain karena ngiklan di Facebook memang membutuhkan Fanpage. Jadi sekalian saja buat Fanpage untuk jualannya.

  • Instagram Bisnis

Mengatur akun bisnis di instagram menjadi private dapat membatasi jangkauan pasar Anda. Mengatur akun bisnis instagram Anda menjadi public, adalah satu satunya cara untuk menjangkau audiens/prospek baru sehingga mereka bisa menghubungi Anda.

Akun IG yang terlalu jualan dan lupa bersosialisasi akan mematikan potensi audiens untuk membeli. Ingat bahwa orang itu suka untuk membeli tapi benci untuk ditawari.

Oleh sebab itu cukup memanfaatkan sebuah Fasilitas di IG yang bisa di klik oleh audiens atau calon customer adalah dengan link di Bio . Gunakan sebaik mungkin dengan menghubungkan link tersebut ke tautan link bio di Cobyline Me.

Link Bio merupakan sebuah tautan yang bisa diisi dengan berbagai informasi identitas bisnis, Ini sangat cocok untuk system bisnis online, karena dengan hanya satu tautan saja, calon konsumen dapat mendalami bisnis dan produk apa yang sedang jual bahkan membantu calon customer terhubung dengan menjadi sangat mudah.

Bicara soal fitur di Link Bio Cobyline Me, sudah sangat lengkap, Dalam satu tautan tersebut, kita bisa informasi telepon, whatsapp, telegram, fanspage, instagram, youtube, website katalog kita dan sebagainya.

Deskripsi yang bagus di bio adalah yang Menjelaskan tentang misi/ alasan/ filosofi dibalik produk. Menjelaskan produk apa yang dijual dan apa benefit nya bagi audiens.

LIHAT CONTOH TAUTAN COBYLINE ME untuk link bio medsos

Untuk membuat Link Bio, Cukup mengunjungi Cobyline Me dan mendaftar disana, Setelah itu, isilah dengan tautan lain yang akan kita sebut sebagai teknik ekosistem bisnis nantinya. berikut caranya

Whatsapp Bisnis.

Saya tidak tahu, apakah Anda merasakan ini atau tidak. Intinya. . saya menemukan banyak sekali teman-teman yang masih kesusahan saat menjual produknya.
Banyak yang bingung bagaimana caranya mengarahkan pembeli yang tanya-tanya supaya closing.

Yang perlu diketahui adalah, whatsapp memiliki miliran pengguna aktip setiap hari. ini berarti anda hanya butuh teknik chating agar bisa closing.

Tetapi satu hal yang mendasar yang jarang diketahui banyak pebisnis online adalah, tidak memaksimalkan fitur whatsapp bisnis mereka, banyak dari mereka mengosongkan tautan dari tautan di bio whtsapp bisnis mereka.

padahal jika dimanfaatkan dengan baik, satu klik tautan link di bio whatsapp mereka dapat menjangkau apapun dari produk dan dalayan yang anda jajakan.

  • Toko online

Katalog website merupakan sekumpulan produk yang ditaruh di website. Dengan adanya produk yang dipasang di situs web, akan membuat penemuan produk di google search menjadi lebih besar, tentu dengan otomatis akan memperbesar peluang produk untuk terjual.

Saya menyarankan untuk tidak membuatnya dengan biaya dan tenaga serta memakan waktu yang banyak, sehingga alternatif termudah adalah dengan membuat toko online geratis di Cobyline Ads.

Cobyline Ads merupakan sebuah website yang disana orang dapat membuat sebuah toko online dan menampilkan banyak produk dalam satu tautan profil mereka.

dengan memiliki toko online di Cobyline Ads, Akan otomatis Cobyline Ads memasarkan produk anda lebih luas lagi, bahkan secara global. Waw banget kan.

Cukup mendaftar di Cobyline Ads, Upload semua produk, dan salin tautan profil yang akan kita salin nantinya untuk diletakkan di link bio kita. Untuk contohnya anda bisa melihat beberapa pengguna Cobyline Ads yang membuatnya toko online mereka disana. LIHAT CONTOH TOKO ONLINE

  • Website Landing Page

Landing page digunakan sebagai media mendeskripsikan produk, baik dengan teknik soft selling atau hard selling. Terlebih lagi ketika para mastah bisnis online ternyata mereka juga menyiapkan sebuah produk dengan landingpage yang kece badai.

penulisan dengan teknik copy writing yang sekali baca langsung closing, kita sebagai pelaku bisnis yang masih unyu-unyu langsung down dan bilang “Aalamak, mana bisa aku seperti dia.

Untuk mendapatkan dan menggunakan fitur bisnis landing page ini, solusi geratisnya tidak perlu membuat sebuah website, karena selain akan memakan waktu dan biaya, membangun website tidaklah mudah, Cukup Gunakan fitur Cobyline Blogs secara geratis.

Kenapa menggunakan Cobyline Blogs. Dengan menggunakan Cobyline Blogs anda dapat membuat deskripsi produk yang lebih detil apa lagi ditambah dengan teknik copywriting, pasti akan membuat peluang closing jadi lebih besar.

Enaknya lagi, teknik yang bisa anda tulis di cobyline blogs adalah bentuk dari penyajian konten bisa dibuat dengan teknik soft selling atau langsung hard Selling.

Selain itu, jangkauan lebih luas di google untuk konten produk yang dibuat di Cobyline Blog. Itu artinya kesempatan produk di baca konsumen akan lebih besar tanpa mereka sadari sebenarnya apa yang anda tulis di cobyline blog merupakan bentuk dari system berjualan yang terselubung dan itu tanpa mereka sadari.

Berikut adalah contoh dari landing page yang dibuat dengan cobyline Blog, saya mengambil contoh dari beberapa pengguna cobyline dalam memasarkan produk mereka melalui cobyline blogs, LIHAT CONTOH LANDING PAGE.

  • Meletakkan Link Bio Cobylne ME di Setiap Medsos dan Aplikasi Bisnis

Ketika anda telah membuat beberapa media sosial facebook, fanspage, Instagram, Youtube, whatsapp, telegram, dan kontak telepon, landing page, dan website katalog online anda, Sekarang saatnya membuat kekuatan marketing anda dengan teknik Ekosistem Bisnis Online. Berikut Caranya.

1. Mendaftar di Cobyline Me
2. melengkapi identitas profil
3. mengisi tautan bisnis
4. meletakkan tautan bio Cobyline Me di Profil Medsos Bisnis anda.